4 Amalan Hari Tasyrik yang Harus Anda Ketahui

Pada 10 Dzulhijjah, terdapat perayaan penting bagi umat Islam di seluruh dunia, yakni hari raya Idul Adha atau juga dikenal sebagai hari raya Haji/Qurban, karena bertepatan dengan ritual ibadah yang sangat mulia, ibadah haji dan kurban.

Selanjutnya, tiga hari setelahnya, dikenal sebagai hari tasyrik. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يوم عرفة ويوم النحر وأيام التشريق عيدنا أهل الإسلام، وهي أيام أكل وشرب

Hari Arafah, hari raya qurban (Idul Adha), dan hari-hari tasyrik merupakan hari raya bagi umat Islam. (HR. Nasa-i dan Tirmidzi).

Seorang muslim yang memiliki iman yang baik, akan sangat memperhatikan kualitas imannya. Kualitas iman diperoleh dengan mengisi waktu hidup kita dengan amal baik. Karena memang iman dan amal, merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kualitas ibadah yang baik, akan meningkatkan kualitas iman.

Syaikh Abdul Qadir Al Jailani –rahimahullah– menyatakan,

“ونعتقد أن الإيمان قول باللسان ومعرفة بالجنان وعمل بالأركان، يزيد بالطاعة وينقص بالعصيان”

Kami meyakini bahwa iman adalah perkataan dengan lisan, pengetahuan (pengakuan) dengan hati, dan amal dengan anggota badan. Iman bertambah dengan mengerjakan ibadah dan berkurang karena kemaksiatan.

Daftar Amalan Hari Tasyrik

Lalu, apa saja amalan-amalan di hari Tasyrik ini, yang dapat meningkatkan kualitas iman kita? Ternyata terdapat amalan-amalan prioritas di tiga hari tasyrik ini. Berikut penjelasannya:

1. Takbir Mutlak dan Takbir Muqayyad

Takbiran pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, sudah umum kita kenal. Namun ternyata masih boleh dilakukan takbiran di tiga hari tasyrik ini. Ini yang disebut takbir mutlak dan takbir muqayyad.

Takbir mutlak adalah takbir yang tidak terikat oleh waktu. Kapan pun kita dianjurkan untuk bertakbir.

Takbir ini dianjurkan sejak awal Dzulhijjah hingga akhir hari tasyrik, yaitu sampai Maghrib tanggal 13 Dzulhijjah.

Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala,

"لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ"

Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan (Ayyaam Al Ma’luumaat). (QS. Al-Hajj: 28).

Ayyaam Al Ma’luumaat atau hari-hari yang telah ditentukan pada ayat di atas, maksudnya adalah: 10 hari pertama Dzulhijjah.

Takbir muqayyad, takbir yang terikat waktu, yaitu diucapkan setiap selesai sholat fardhu. Takbir muqayyad disunnahkan diucapkan sejak ba’da subuh di hari Arafah, sampai akhir hari tasyrik.

Allah berfirman,

"وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ"

Dan berdzikirlah kepada Allah pada hari yang telah ditentukan jumlahnya (Ayyaam Al Ma’duudaat). (QS. Al-Baqarah 203)

Ayyaam Al Ma’duudaat atau hari yang telah ditentukan jumlahnya, maknanya: 3 hari tasyrik.

Imam Qurtubi rahimahullah menjelaskan,

"وقد روي عن ابن عباس أن المعلومات العشر، والمعدودات أيام التشريق، وهو قول الجمهور"

Terdapat riwayat dari Ibnu Abbas bahwa Al Ma’luumat maknanya 10 hari pertama Dzulhijjah, dan Al Ma’duudaat maknanya hari tasyrik. Ini adalah tafsiran mayoritas ulama.

Maka dua ayat di atas adalah dalil disunnahkan memperbanyak dzikir, terutama takbiran, sejak 10 hari pertama Dzulhijjah, hingga akhir hari tasyrik. Sebagaimana diriwayatkan dari sahabat Umar bin Khattab dan beberapa sahabat lainnya.

2. Tidak Berpuasa

Ibadah tidak selalu berarti melakukan perintah. Terkadang berarti meninggalkan larangan. Contohnya adalah tidak berpuasa di hari tasyrik.

Di hari-hari lainnya, puasa dianjurkan, bahkan diwajibkan seperti puasa Ramadhan. Namun untuk tiga hari ini, kita dilarang berpuasa.

Dasarnya adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

"أيام التشريق أيام أكل وشرب"

Hari-hari tasyrik adalah hari makan, minum, dan berzikir mengingat Allah. (HR. Muslim)

Hari makan dan minum maksudnya, hari yang tidak boleh berpuasa.

3. Menyembelih Hewan Kurban

Ternyata masih diperbolehkan menyembelih hewan kurban di 3 hari tasyrik ini. Jadi, bagi tempat-tempat yang memiliki stok hewan kurban banyak, tidak mungkin dilakukan dalam satu hari pada hari raya Idul Adha, kurban dapat dilakukan secara bertahap di 3 hari tasyrik ini.

Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu’anhu menegaskan,

"أيام النحر: يوم النحر، وثلاثة أيام بعده"

Hari penyembelihan kurban adalah: hari raya dan tiga hari setelahnya (hari tasyrik).

4. Meningkatkan Ibadah

Ibadah dalam segala bentuknya. Asalkan ada tuntunan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Takbir, tahmid, tahlil, sedekah, membantu orang yang tertimpa musibah, tersenyum, dll.

Nabi menjelaskan bahwa hari tasyrik adalah hari yang sangat istimewa di sisi Allah.

"إنَّ أَعظَمَ الأَيَّامِ عِندَ اللَّهِ يَومُ النَّحرِ وَيَومُ القَرِّ"

"Sesungguhnya hari yang paling agung di sisi Allah adalah hari Idul Adha dan hari tasyrik." (HR. Abu Daud no. 1765, dishahihkan oleh Al-Albani)

Dan pahala ibadah akan menjadi lebih besar, ketika dilakukan pada waktu yang mulia.

Klikqurban.com menyediakan layanan kurban online yang mudah dan amanah, Anda bisa memantau perkembangan / proses kurban, mulai dari persiapan, pemilihan hewan kurban, penyembelihan hewan kurban, hingga pembagian hewan kurban sampai ke tangan yang membutuhkan. Semua proses itu kami dokumentasikan dalam bentuk foto dan video di halaman akun klikqurban Anda. Jika membutuhkan lebih banyak informasi, bisa kontak layanan Customer Service kami di sini 0878-4419-8560